Esai: Melestarikan Budaya Bangsa


Partisipasi Generasi Era Milenial dalam Melestarikan Budaya Bangsa

Dapat kita lihat bahwa pada masa sekarang teknologi dan internet semakin maju dan berkembang dengan pesat. Dengan perkembangan itu masyarakat zaman sekarang atau yang biasa disebut dengan kaum milenial dapat mengakses apapun tanpa adanya hambatan. Hal itu dapat menyebabkan dampak yang positif dan negatif. Dampak positif dapat dirasakan oleh para siswa dalam proses belajar mengajar seperti saat ini. Namun dampak negatifnya dapat berimbas pada budaya bangsa Indonesia.
Akses yang tanpa batas dan tanpa jarak tersebut dapat dengan mudahnya membawa pola kehidupan budaya barat, timur, dan berbagai macam asal dan bentuknya. Sehingga apabila budaya tersebut masuk ke dalam negara, dapat mempengaruhi kebiasaan dan budaya rakyat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dapat menyebabkan hilangnya jati diri atau identitas dari bangsa Indonesia.
 Sebagai generasi muda sudah sepantasnya kita menolak budaya–budaya tersebut agar tidak masuk ke dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia. Padahal sebagai generasi yang mampu dan dapat membedakan hal yang baik dan tidak baiknya, kita dapat memanfaatkan budaya bangsa Indonesia ke ranah Internasional dengan menggunakan teknologi tersebut. Maka dari itu di perlukannya peran serta generasi muda dan rakyat Indonesia dalam mengangkat budaya bangsa.
Sebagai generasi muda yang hidup di zaman milenial, kita merupakan bibit unggul negara. Kita harus membawa negara Indonesia ke arah yang lebih baik dan membawa negara Indonesia supaya lebih maju. Hal itu dapat kita wujudkan dengan suatu hal yang sederhana yaitu melestarikan budaya bangsa. Maka dari itu, diperlukannya kontribusi dari generasi muda dan dari rakyat Indonesia juga untuk melestarikan budaya bangsa dan mengajarkannya.
Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman dan budaya. Alat musik tradisional, pakaian adat, bangunan bersejarah, rumah rumah adat, lagu daerah, tarian daerah dan sebagainya merupakan warisan budaya. Warisan budaya tersebut harus kita jaga agar tidak punah dan juga agar tidak diakui oleh negara lain. Warisan budaya merupakan peninggalan dari leluhur kita yang harus kita jaga keasliannya dan jangan sampai tercampur dengan budaya manapun, karena itu merupakan peninggalan yang mempunyai ciri khas tersendiri.
Contoh hal yang dapat dilakukan generasi muda dalam rangka melestarikan budaya bangsa diantaranya yaitu yang pertama yang dapat dilakukan oleh generasi muda adalah memperkenalkan terlebih dahulu budaya bangsa kepada rakyat Indonesia, karena terkadang masih terdapat rakyat Indonesia yang belum paham bahkan belum mengetahui budaya bangsa. Dengan langkah awal memperkenalkan kepada rakyat Indonesia, diharapkan hal itu dapat menimbulkan kecintaan akan budaya bangsa pada rakyat Indonesia.
Setelah sudah menanamkan kecintaan akan budaya bangsa kepada rakyat, barulah kita bisa mengajak kontribusi rakyat Indonesia untuk memperkenalkan budaya bangsa Indonesia ke dalam ranah Internasional yang di kemas secara kreatif agar dapat menarik minta dari negara negara lain. Para generasi muda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi pada zaman sekarang dengan cara memperkenalkan budaya bangsa pada sosial media seperti youtube, instagram dan sosial media lainnya. Dengan cara itu, budaya bangsa Indonesia dapat dengan mudah diiperkenalkan kepada negara negara di dunia.
Setelah kedua hal itu suskses dilakukan, hal yang paling utama yang harus dilakukan oleh generasi muda dan rakyat Indonesia adalah menjaga budaya bangsa. Dengan cara begaimana? Dengan cara menjaga keasliannya dan juga barang kali di terapkan dalam kehidupan sehari–hari agar kita tidak melupakan jati diri atau identitas dari bangsa kita. Seperti masih menggunakan bahasa daerah pada setiap pembicaraan dengan tetangga dan kelompok lainnya, belajar untuk memainkan dan menyanyikan alat music dan lagu daerah yang dimulai dari anak – anak pada sekolah dasar, dan juga tetap membangun rumah rumah adat sebagai pengingat atau penanda bahwa Indonesia mempunyai beragam kebudayaan. Dengan hal – hal kecil seperti itu kita dapat melestarikan budaya bangsa sehingga tidak tergantikan dengan budaya dari negara – negara lain walaupun teknologi semakin pesat dan berkembang.




Nama   ; Intan Alifah
Kelas   : Kimia-2B
NIM    : 11190960000039

Comments

  1. Keren banget pembahasannya.
    Koreksi sedikit, penggunaan kata 'dengan' sebaiknya jangan diletakkan di awal kalimat. Kata 'music' juga sebaiknya ditulis musik atau music dengan format italic.
    SEMANGAT INTAN!!

    ReplyDelete
  2. Bagus banget pembahasannya, bahasa yang dipake juga ringan jadi mudah dipahami
    Makasi ka☺️

    ReplyDelete
  3. Intan keren banget sih lo, bahasanya mudah dipahami. Semangat terus yaaa nulisnya ☺️

    ReplyDelete
  4. Tulisan yang kaya gini nih yang perlu banget dijadiin bacaan anak2 milenial. Semoga generasi milenial tetap bisa melestarikan budaya bangsa ditengah arus globalisasi👍👍

    ReplyDelete
  5. Wah karena bahasa nya yang mudah dipahami jadi ga kerasa tulisannya selesai, keren ka pembahasannya juga. Ditunggu tulisan selanjutnya!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts